logo

Kenaikan Harga Cabai Masih Wajar

Kenaikan Harga Cabai Masih Wajar

Harga cabai di Solo mulai naik
Tidak ada komoditas yang perlu dikhawatirkan saat ini. Harga cabai sebenarnya cenderung turun, kalau pun ada yang naik masih wajar
19 June 2017 18:52 WIB

SOLO (Suara Karya) : Menjelang Lebaran, harga beberapa komoditas mengalami kenaikan. Di pasar tradisional di Kota Solo, beberapa komoditas seperti cabai dan bawang merah. Harga cabai rawit merah saat ini menjadi Rp28 ribu hingga Rp30 ribu per kilogram (kg) dari harga sebelumnya Rp23 ribu.

Meskipun ada kenaikan harga, hal tersebut masih dinilai wajar. Hal ini dikatakan Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan, Eva Yuliana, disela-sela memantau harga dan stok di Pasar Legi, Solo, Jawa Tengah, Senin (19/6).

"Tidak ada komoditas yang perlu dikhawatirkan saat ini. Harga cabai sebenarnya cenderung turun, kalau pun ada yang naik Rp1000 atau Rp2000 itu wajar, misalnya saat panen hujan tapi itu hanya sementara biasa kalau cabai seperti itu," jelasnya.

Sedangkan untuk bawang putih, Eva mengatakan saat ini masyarakat di Jawa Tengah ada pergeseran membeli komoditas tersebut. Dari jenis cutting mulai beralih ke jenis honam atau sinco.

Dengan adanya peralihan tersebut, Eva mengaku senang karena harga dan stok bawang sinco lebih terjangkau dan stok banyak. Di Pasar Legi, harga bawang putih jenis sinco hanya Rp20 ribu per kg sedangkan bawang cutting sebesar Rp45 ribu per kg. Harga bawang cutting beberapa waktu lalu mencapai lebih dari Rp60 ribu per kg.

"Terkait harga bawang cutting yang lebih mahal, karena panen bawang cutting dan honam tidak bersamaan. Saat ini sudah masuk panen tapi tidak bisa langsung dikirim ke Indonesia, ada lima kontainer kemarin yang masuk dari Cina," jelasnya lagi.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo, Subagyo, menambahkan sampai saat ini harga komoditas pokok di Kota Solo cenderung stabil. Pihaknya mengatakan jika, nanti ada lonjakan harga diatas kewajaran pihaknya langsung akan melakukan operasi pasar.

Sementara itu, salah satu pedagang di Pasar Legi, Sri Lestari, mengatakan selain cabai rawit merah, cabai rawit hijau juga naik dari Rp15 ribu menjadi Rp20 ribu per kg. Sedangkan harga cabai merah besar naik menjadi Rp20 ribu dari sebelumnya Rp13 ribu.

"Kalau pasokan biasa, kenaikan harga mulai hari ini," ujarnya.**"

Endang Kusumastuti
Editor : Dwi Putro Agus Asianto -