logo

Wisatawan ke Kepulauan Seribu Meningkat 

Wisatawan ke Kepulauan Seribu Meningkat 

Sekkab Kepulauan  Seribu Eric Pahlevi Zakaria Lumbun(tengah) bersama kolega dan stafnya
Kehidupan warga masyarakat Kepulauan Seribu juga meningkat dengan semakin majunya kepariwisataan di kepulauan itu.
08 June 2017 17:45 WIB

JAKARTA Suara Karya): Jumlah wisatawan  yang mengunjungi Kabupaten Kepulauan Seribu tahun 2017 diharapkan meningkat. Kalau tahun 2016 yang lalu hanya 807.330 orang wisatawan, ditargetkan tahun ini dapat  mencapai 1 juta wisatawan.  Berarti meningkat 23,86 % dari tahun sebelumnya.

Demikian Sekretaris Kabupaten Kepulauan Seribu Eric Pahlevi Zakaria Lumbun, mengungkapkan itu kepada Suara Karya  sesaat sebelum menerima penghargaan dari Plt Gubernur DKI sebagai pembina BAZIS pada Acara Peduli Umat 2017 di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (7/6).

Lebih lanjut Eric PZ Lumbun mengatakan kehidupan warga masyarakat Kepulauan Seribu juga meningkat dengan semakin majunya kepariwisataan di kepulauan itu.

Sebab di samping 8 pulau pulau resort pariwisata, seperti Pulau  Ayer, Pulau Putri,  Pulau Bidadari dan Taman Arkeologi Onrust juga ada pulau destinasi wisata yang dikelola warga didukung pemerintah kelurahan setempat. Di antaranya Pulau Tidung, Pulau Untungjawa dan pulau lainnya. Banyak warga pulau yang menjadi pelaku industri wisata.

Sementara itu Kepala Museum Kebaharian yang juga membawahi Taman Arkeologi Onrust , Husnison Nizar mengakui ada peningkatan jumlah wisatawan yang mengunjungi pulau bekas rumah sakit karantina haji 1911-1933 itu. Termasuk di antaranya Pulau Kelor dengan Benteng Martello nya dan Pulau Cipir dengan sumber airnya.

Tercatat tahun 2017 sampai akhir Mei pengunjung Taman Arkeologi Onrust  mencapai 21.398 orang. Tahun 2016 dalam kurun waktu yang sama hanya mencapai 16.555 orang. Yang berarti meningkat 29,25%.

Selama setahun yang lalu pengunjung Taman Arkeologi Onrust yang berdampingan dengan Pulau Bidadari itu mencapai 21.398 orang. Diharapkan dengan kecenderungan itu tahun ini jumlah wisatawan  ke Onrust dan sekitarnya lebih banyak lagi. 

Menurut Eric penduduk Kepulauan  Seribu 25.000 orang. Namun bila Lebaran Idul Fitri bisa mencapai lebih dari 27.000 orang. Banyak yang pulang dari rantau, katanya. ***

Dwi Putro Agus Asianto -
Karir di Harian Umum Suara Karya sejak 1992. Email:dwiputro2014@gmail.com
Editor : Dwi Putro Agus Asianto -