logo

Kapolri Janji Arus Mudik Tahun ini Lebih Baik

Kapolri Janji Arus Mudik Tahun ini Lebih Baik

Kapolri meninjau kesiapan Operasi Ramadniya 2017
"Tahun lalu, penyebab kemacetan karena putusnya Tol Pejagan - Pemalang akibat pembangunan tol yang belum selesai," kata Jenderal Pol Tito Karnavian
07 June 2017 18:42 WIB

PURWAKARTA  (Suara Karya):  Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian optimistis Operasi Ramadniya 2017 untuk mendukung kelancaran arus mudik akan mengatasi berbagai masalah yang pernah terjadi pada 2016.

"Setelah dilakukan pengecekan persiapan mudik, untuk tahun ini insyaallah, arus mudik akan lebih baik," kata Tito,  di Pos Polisi Cikopo, Purwakarta, Rabu.

Menurut dia, penyebab kemacetan dalam arus mudik tahun lalu adalah terputusnya Tol Pejagan-Pemalang akibat pembangunan tol yang belum selesai sepenuhnya.

"Titik macet tahun lalu ada di Brexit, karena tolnya putus di situ," kata Tito, sebagaimana dikutip di Antaranews.

Kemudian, kendaraan yang masuk Pantura mengalami banyak hambatan, antara lain karena ada aktivitas di sejumlah pasar, penyempitan jalan, antrean dan kendaraan yang parkir di area SPBU dan restoran.

"Banyak yang bikin macet," kata dia.

Sementara kendaraan yang keluar dari pintu tol Brebes Timur dan menuju Jalur Selatan juga terhambat lima perlintasan kereta api dan sejumlah pasar tumpah.

Sementara tahun ini, kata Kapolri, berkat percepatan pembangunan infrastruktur, ruas jalan tol dari Brebes ke Gringsing sepanjang 110 kilometer sudah bisa digunakan bagi pemudik, meski sifatnya fungsional untuk kendaraan kecil saja.

"Yang mau ke Slawi, Pemalang, Pekalongan, Batang, bisa menggunakan jalur tersebut, tidak perlu lewat Brexit," katanya.

Dia mengatakan dengan difungsikannya ruas jalan tol Brebes-Gringsing ini diharapkan mengurai lalu lintas yang padat saat puncak arus mudik, sedangkan kendaraan besar akan diarahkan untuk keluar di Brebes Barat.

Diperkirakan penumpukan kendaraan pada arus mudik Lebaran 2017 akan terjadi di Brebes Timur. "Penumpukan volume kendaraan pada mudik tahun ini di Brebes Timur karena ada kemacetan menuju tol baru ke Gringsing, Weleri."

Untuk mengantisipasi hal ini, akan ada beberapa posko-posko terpadu.

"Di posko ini, semua yang dibutuhkan pemudik ada. Pertamina menyiapkan tangki minyak eceran, ada montir, petugas kesehatan sehingga diharapkan pemudik bisa nyaman selama di jalan," kata Tito yang memeriksa persiapan jelang mudik bersama Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa, Dirut Pertamina Elia Massa Manik, Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Anton Charliyan dan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

B Sadono Priyo
Wartawan Suara Karya sejak 1997
Editor :
header-ad