logo

Teror di London, 9 Tewas Termasuk 3 Pelaku Teror

Teror di London, 9 Tewas Termasuk 3 Pelaku Teror

foto (ist)
Inggris kembali diguncang aksi teror. Aksi kali ini menewaskan 9 orang termasuk 3 pelaku teror. Dua minggu lalu serangan bom bunuh diri pada konser Ariana Grande di Manchester  menelan 22 korban jiwa.
04 June 2017 12:17 WIB

LONDON (Suara Karya): Kepolisian Kota London memastikan 6 orang tewas dan lebih 30 terluka dalam 2 serangan teror terkoordinasi di dua tempat berdekatan di London, Inggris, Sabtu malam (3/6) waktu setempat. Selain itu, 3 teroris ditembak mati oleh aparat yang menangani peristiwa ini.

Kepala Divisi Anti-Teror Kepolisian Kota London Mark Rowley, mengatakan, polisi meyakini pihaknya telah menewaskan seluruh pelaku teror.

Namun, seperti diberitakan Associated Press, Minggu (4/6), Rowley menyebut penyelidikan masih berlangsung, untuk memastikan tidak ada pelaku yang masih tersisa.

Peristiwa ini pun mengakibatkan puluhan orang terluka. Tercatat, lebih dari 30 orang dibawa ke lima rumah sakit terdekat untuk menjalani perawatan.

Aksi teror yang melanda Inggris kali ini terjadi di dua titik di jantung Kota London.

Serangan pertama terjadi di London Bridge, ketika sebuah van menabraki para pejalan kaki, hingga beberapa di antaranya terkapar di jalan.

Tak lama berselang, di lokasi yang tak berjauhan, seorang  pria bersenjatakan pisau besar melakukan serangan di pusat kuliner Borough Market.

Aksi itu membuat warga yang tengah menghabiskan malam panjang di restoran dan kafe yang ada di kawasan itu berlarian menyelamatkan diri. Beberapa dari mereka ada yang bersembunyi di ruang-ruang bawah tanah restoran, dan bahkan ke dalam tempat sampah.

Aksi teror ini merupakan yang ketiga kalinya terjadi di Inggris dalam waktu tiga bulan terakhir. Sebelumnya, seorang pria yang mengemudikan mobil menabraki pejalan kaki di Westminster Bridge pada bulan Maret.

Kemudian, serangan bom bunuh diri pada konser Ariana Grande di Manchester dua minggu yang lalu, menelan 22 korban jiwa.

Kepolisian Kota London memastikan bahwa serangan terakhir di London ini merupakan aksi terorisme.***

Laksito Adi Darmono
Wartawan Suara Karya. Email: [email protected] phone: 0822 1003 2420
Editor :
header-ad