logo

Ratusan Peserta Aksi 112 Berangkat dari Solo

Ratusan peserta aksi 112 asal Kota Solo dan sekitarnya diberangkatkan ke Jakarta

Ratusan Peserta Aksi 112 Berangkat dari Solo

Ratusan umat Islam dari Kota Solo dan sekitarnya, berangkat ke Jakarta untuk mengikuti aksi 112. Mereka diberangkatkan dengan menggunakan 14 bus, tiga mini bus serta sejumlah mobil pribadi dari Kantor Sekretariat Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS), Jum'at (10/2).
10 Februari 2017 16:38 WIB

SOLO (SK) - Ratusan umat Islam dari Kota Solo dan sekitarnya, berangkat ke Jakarta untuk mengikuti aksi 112. Mereka diberangkatkan dengan menggunakan 14 bus, tiga mini bus serta sejumlah mobil pribadi dari Kantor Sekretariat Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS), Jum'at (10/2).

"Ada 700 peserta yang berangkat dari Solo. Kami hanya akan mengikuti acara dzikir dan doa di Masjid Istiqlal, setelah itu langsung pulang ke Solo," kata Pembina DSKS Kasum Musyafak, kepada wartawan di sela-sela pemberangkatan peserta aksi.

Ratusan peserta aksi asal Kota Solo dan sekitarnya tersebut, berasal dari beberapa elemen organisasi massa Islam seperti, Laskar Umat Islam Surakarta (LUIS), Forum Umat Islam, Majelis Mujahidin Indonesia (MUI) dan elemen lainnya.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, semua peserta aksi didata dan dilakukan pengecekan.

"Peserta didata dan dicek jangan sampai mereka membawa senjata tajam. Dari pengecekan tidak ditemukan senjata tajam," katanya lagi.

Sebelum berangkat, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Polresta Solo. Kasum yakin, aksi 112 akan berjalan tertib. Semua peserta aksi asal Kota Solo juga telah mendapatkan pengarahan.

"Diperkirakan tiba di Jakarta, Sabtu pagi dan siang harinya jam 13.00 mereka kembali ke Solo," katanya.

Kasum menambahkan, semua peserta berangkat atas inisiatif sendiri. Semua biaya dan perbekalan ditanggung mandiri masing-masing peserta.